Tugas Softskills Kewirausahaan

Posted: Oktober 8, 2010 in tulisan Heri yang lainnya,,click this

Nama : Muhammad Heriyadi

NPM : 32209201

Kelas : 2DD04

Dosen : Joko Utomo

1. Jelaskan peranan kewirausahaan bagi pembangunan ekonomi suatu negara! Jelaskan pula bagaimana peranan kewirausahaan bagi pembangunan di Indonesia!

jawaban :

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, namun faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi. Faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan. Mengapa kewirausahaan masuk kedalam faktor pembangunan suatu Negara? Itulah yang menjadi pertanyaan, seberapa besarkah peranan kewirausahaan dalam pembanguna ekonomi Negara?

Kewirausahaan sendiri dapat didefinisikan sebagai sesuatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.

David McClelland, seorang ilmuwan dari Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa suatu Negara dapat dikatakan makmur apabila minimal harus memiliki jumlah entrepreneur atau wirausaha sebanyak 2% dari jumlah populasi penduduknya. Pendapat ini diperkuat oleh Peter Drucker seorang konsultan manajemen Austria. Kewirausahaan memiliki peranan yang strategis dalam menciptakan pelaku bisnis dan perusahaan yang baru. Ungkapan tidak ada pembangunan tanpa kehadiran wirausahaan memang benar pernyataan tersebut. Saya setuju dengan ungkapan tersebut. Kewirausahaan mampu membuat suatu Negara maju dan makmur karena kewirausahaan sebagai pencipta kesempatan kerja baru, penghasilan baru, inovasi baru, serta unggul dalam kualitas untuk mengorganisir sumberdaya yang diperlukan dalam menciptakan nilai tambah. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien dan secara keseluruhan disebut sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

 

Peranan Kewirausahaan bagi Pembangunan di Indonesia

 

Sebagian besar kewirausahan di Indonesia adalah kelompok kewirausahaan yang didasarkan atas kebutuhan untuk hidup (necessity entrepreneurship) bukan kelompok kewirausahaan atas dasar merespons peluang (opportunity entrepreneurship). Berdasarkan survei yang dimuat dalam laporan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) tahun 2006, diperoleh data bahwa jumlah wirausaha di Indonesia adalah sebesar 19,3% dari jumlah total penduduk dewasa. Jumlah yang cukup besar bagi suatu negara berkembang dan sangat fantastis karena minimal hanya dibutuhkan 2% saja dari suatu penduduk Negara agar Negara itu berkembang. tetapi sebagian besar wirausaha kita adalah mereka yang tergolong sebagai kelompok necessity entrepreneurship. Hal ini disebabkan sebagian besar usaha mereka (termasuk dalam bidang pertanian) adalah usaha yang dikelola secara asal-asalan, sekadar bisa bertahan hidup dan informal sifatnya. Dalam laporan GEM, sebagai akibatnya, Indonesia diposisikan sebagai negara dengan kondisi jumlah wirausaha yang besar tapi dengan pendapatan per kapita yang tergolong kecil. Terhitung Pada tahun 2006, peran UKM terhadap penciptaan PDB nasional menurut harga

berlaku tercatat sebesar Rp. 1.786,22 triliun pendapatan ini masih terbilang rendah dengan Negara lain yang memiliki presentase wirausaha lebih kecil dari Indonesia.

Keadaan seperti ini sangat di sayangkan, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi Negara yang makmur karena salah satu faktornya sudah terpenuhi dan dengan jumlah yang sangat besar di banding Negara yang lain yaitu 19%. Mungkin untuk pemerintah Indonesia cobalah Memberi kebebasan pengembangan kewirausahaan untuk mewujudkan peluang menjadi usaha yang mempunyai keunggulan kompetitif agar kita bias memaksimalkan hasil untuk pembanguna ekonomi di Indonesia.

2. Uraikan jenis usaha yang akan anda jalankan ! uraikan juga alasan mengapa anda memilih jenis usaha tersebut.

Jawaban :

Saya selalu ingin mempunyai usaha yang selalu orang butuhkan. Awalnya saya ingin membuka usaha fotokopian saja di halaman rumah saya, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk membuka usaha lain. Tetapi disini saya coba melakukan segmentasi pasar dengan membagi-bagi konsumen dengan kebutuhan yang berbeda-beda . jika saya hanya membuka usaha fotokopian berarti saya hanya mampu memuaskan satu keinginan konsumen saja. Pendapatanya pun mungkin akan sedikit. Saya coba memantau apalagi yang harus saya lakukan agar semua keinginan konsumen terpenuhi. Akhrinya saya mendapatkan ide dan dibantu oleh keluarga saya juga, tidak tanggung-tanggung saya menjalankan 5 usaha sekaligus dalam satu tempat yaitu usaha fotokopian, pulsa, bahan – bahan pokok, laundry dan pemesanan baju Sophie Martin.

 

Mengapa saya menjual pulsa karena di komplek saya semua warga hampir pasti mempunyai Handphone dan mereka membutuhkan pulsa. InsyaALLAH saya yakin kalau mereka akan datang ke toko saya untuk membeli pulsa walaupun toko saya tidak berbentuk toko pulsa lainnya seperti cat rumah yang di cat sesuai dengan warna logo kartu pra-bayar.

Lalu saya memandang ke konsumen lain yaitu ibu-ibu rumah tangga, mereka setiap harinya sangat memerlukan bahan-bahan pokok seperti gula, indomi, kopi, teh, susu dan lainnya, kemudian saya jadikan satu usaha ini dengan usaha fotokopian saya. Para konsumen toko saya pun Alhamdulillah membeli barang-barang ini di toko saya.

Yang terakhir adalah laundry dan pemesanan sophie martin, kebetulan ibu saya adalah member sophie martin jadi dia mengusulkan untuk menaruh cataloge sophie martin saya di atas etalase depan agar konsumen yang sedang memotokopi, jilid atau lainnya bisa melihat cataloge itu dengan harapan ada yang memesan barang sophie martin tersebut. Makin banyak pemesanan makin banyak pula keuntungan yang saya dapat. Keuntungan yang saya dapatdari sophie martin ini sebesar 40%. Sedangkan laundry saya bekerja sama dengan usaha laundry lain keuntungan yang saya dapat dari laundry sebesar 30%, saya pikir ini lumayan untuk menambah pendapatan.

Mengapa saya menggabungkan semuanya? Maksud saya adalah usaha lain dapat menutupi usaha lainnya. Jika pada suatu hari usaha fotokopian sepi mungkin bisa di tutupi dengan ke-empat usaha lain agar pendapatan yang saya dapat bisa tetap stabil begitu juga dengan sebaliknya. Jadi saya mempunyai 5 usaha yang saling bermanfaat bagi usaha lainnya.

Alhamdulillah usaha ini sudah berjalan selama 2 bulan, Saya sangat berterima kasih kepada ALLAH SWT atas petunjuk dan berkah-NYA. Semoga ALLAH SWT dapat selalu menurunkan rezeki-NYA kepada keluarga saya melalui usaha ini. AMIN

Tinggalkan Balasan

