ADA JALAN UNTUK MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Posted: Oktober 14, 2010 in tulisan Heri yang lainnya,,click this

Semua orang bisa menjadi pengusaha yang sukses, baik yang muda maupun tua serta yang tak mempunyai modal sekalipun bisa menjadi pengusaha sukses. Tidak perlu mempunyai IPK tinggi, skripsi yang kumlaut, bahkan rangking terakhir dalam kelas pun bisa menjadi pengusaha. Hal yang sangat mendasar agar semua itu bisa terwujud adalah niat yang sungguh-sungguh. Kira-kira bagaimana prespektif psikologis dan bisnis agar bisa menjadi pengusaha yang sukses


Prespektif Psikologis

Semua orang pasti berangan-angan ingin mempunyai usaha sendiri dan penghasilan sendiri. Mungkin mereka sudah mempunyai usaha apa yang akan mereka lakukan tetapi belum mau melakukan atau benar-benar mewujudkan usaha tersebut. Hal-hal yang paling mendasar dan paling tidak harus di miliki oleh setiap pengusaha agar bisa terus berkembang adalah sebagai berikut :

  1. Niat Untuk Melakukan Usaha

Setiap pengusaha jika ingin melakukan usaha harus ada niat yang sungguh-sungguh dalam hatinya untuk membuka suatu usaha, karena jika niat yang dimiliki hanya setengah-setengah maka calon pengusaha itu pasti akan goyah hatinya jika mengalami masalah dalam mempersiapkan usahanya tersebut. Sedangkan jika di dalam hati calon pengusaha sudah benar-benar mantap maka masalah sebesar badai pun akan mampu di hadapinya dan tak pernah memundurkan kakinya untuk berhenti melangkah dan menjadikan masalah itu menjadi motivasi baginya untuk terus maju.


2. Optimisme yang Kuat

Semua pengusaha pasti sebelum memulai usahanya pasti akan memikirkan “bagaimana nanti kalau usaha saya gagal? “ . Pemikiran seperti itu boleh saja ada di benak kita, tetapi jangan sampai pemikiran itu menghambat kita untuk terus tetap melangkah ke depan. Tumbuhkan rasa optimis yang kuat dan rasa keyakinan bahwa usaha yang kita jalankan ini akan sukses. Tapi jangan sampai mendahulukan ALLAH SWT karena segala sesuatunya adalah atas izin-NYA.

3. Bekerja Keras untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Jika kita sudah mempunyai usah tetapi kita malas-malasan dalam mengelolanya maka usaha itu akan berjalan di tempat tidak akan berkembang sekalipun. Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kerja keras lah yang sangat dibutuhkan. Serius dalam mengelola usaha, jika bahan baku habis tetap terus mencari bahan baku pengganti agar usaha tetap berjalan, bahkan jika modal kurang sekalipun terus tetap mencari sampai nafas terakhir. Tumbuhkan di dalam hati jika kita terus bekerja jeras akan ada hasil yang sangat indah yang di berikan oleh Yang Maha Kuasa.

4. Jiwa Pantang Menyerah bak Pahlawan Nasional

Pengusaha dan pahlawan tidak ada bedanya, sama-sama di hadapkan dalam suatu masalah. Penjajah adalah masalah terberat bagi pahlawan nasional, mereka tak pernah berhenti untuk terus berjuang mengusir penjajah demi satu tujuan yang nyata yaitu kemerdekaan. Sama halnya dengan pengusaha, masalah bagi seorang pengusaha adalah apakah usahanya akan selalu terus maju atau malah berhenti di tengah jalan. Setiap masalah pasti ada jalan keluar, jadi buat para pengusaha jangan takut jika dihadapkan suatu masalah akan ada banyak jalan keluar yang dihadapkan, ingat menjadi pengusaha yang sukses tidaklah gampang, banyak masalah yang akan dihadapi, jadi jika kita menyerah hanya karena satu masalah berarti kita sudah menghilangkan kesempatan untuk menjadi pengusaha sukses.


5. Percaya Bahwa Rezeki Sudah ada yang Mengatur

Setiap manusia sudah mempunyai garis rezekinya masing-masing dan itu tak akan pernah tertukar dengan yang lainnya. Kalau memang rezeki kita di turunkan oleh ALLAH SWT dengan cara kita harus jadi pengusaha ya sudah jalankan saja usaha tersebut. Tumbuhkan prasangka baik kepada ALLAH SWT, jangan hanya karena usaha kita baru sedikit peminatnya sudah suuzon kepada ALLAH. Yakinkan dalam hati kita kalau dalam usaha kita di ridhoi oleh ALLAH swt. insyaALLAH usaha kita dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Prespektif Bisnis

Untuk menjadi pengusaha sukses ada baiknya melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Segmentasi Pasar

segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Mengapa segmentasi pasar perlu dilakukan ? hal ini disebakan di dalam suatu pasar terdapat banyak pembeli yang berbeda keinginan dan kebutuhannya. Hal ini dapat memudahkan para pengusaha untuk menentukan jenis usaha apa yang akan suskes kedepannya.

2. Pemasaran yang Agresif

Musthail tanpa pemasaran yang kuat seseorang bisa menjadi pengusaha yang sukses. Minimal kita membuat orang lain tahu usaha apa sih yang kita lakukan. Caranya sangat banyak sekali yaitu dengan memasang spanduk di depan toko kita, bahkan kalau perlu pemasaran secara on-line.


3. Memberikan yang Terbaik untuk konsumen

Kalimat “konsumen adalah raja” itu benar, setiap konsumen selalu menginginkan kualitas yang terbaik apapun jenis kebutuhannya. Konsumen adalah urat nadi dari usaha yang kita jalankan tanpa mereka usaha kita tak akan berkembang. Usahakan setiap transaksi yang kita lakukan itu selalu memuaskan konsumen jangan pernah sedikitpun membuat konsumen tidak nyaman karena itu akan berdampak besar bagi usaha kita.


4. Sikap Menghadapi Pesaing

Setiap usaha yang kita jalankan pasti memiliki pesaing. Dan bagaimana cara kita supaya tetap terus berkembang tanpa tergangu dengan pesaing itu yang harus di pikirkan oleh para pengusaha. Kita harus mengawasi setiap serangan-serangan yang dilakukan oleh pesaing. Serta kita harus cepat-cepat menutupi kelemahan usaha yang kita jalankan ini, karena jika pesaing sudah mengetahui kelemahan usaha kita maka akan sangat mudah bagi para pesaing untuk menjatuhkan usaha kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s