TUGAS 3 SOFTSKILLS KEWIRAUSAHAAN 2DD04

Posted: Oktober 25, 2010 in tulisan Heri yang lainnya,,click this

Nama: M . Heriyadi

NPM : 32209201

Kelas : 2DD04

 

 

1.Dari usaha yang akan anda dirikan, identifikasilah kebutuhan SDM bagi usaha anda! meliputi : keahliannya, pendidikannya serta pengalaman kerjanya. Jelaskan pula metode recruitmen yang anda gunakan !

SDM yang saya butuhkan untuk usaha saya tidak memerlukan basic sekolah yang tinggi, nilai di sekolahnya,prestasu dan segala macam. SDM yang saya butuhkan untuk usaha yang paling dasar yang akan saya lihat adalah kepribadiannya, karena usaha saya adalah usaha fotokopian yang di tuntut adalah kerapian dari hasil yang dikerjakan, maka kepribadian itu menjadi penting. Misal konsumen ingin jilid skripsi tetapi jilidnya tidak rapi atau mencong-mencong maka ini akan membawa dampak yang buruk bagi usaha saya, citra usaha saya di mata konumen akan buruk. Jika SDM yang di butuhkan kepribadiannya sudah buruk otomatis kerjanya pun juga ogah-ogahan dan apapun yang ia kerjakan hasilnya tidak akan baik. Jadi kepibadian adalah hal paling mendasar yang saya lihat untuk SDM usaha saya.

SDM bagi usaha saya tak punya pengalaman kerja tak menjadi masalah berarti bagi saya. tapi alangkah baiknya SDM itu mempunyai pengalaman kerja supaya SDM tidak asing dalam dunia pekerjaan dan akan juga meringankan beban saya untuk menjelaskan apa itu pedoman kerja yang baik. Mengenai keahlian menjadi timbangan kedua setelah kepribadian. Keahlian itu penting karena jika mereka sudah ahli dalam bidang yang mereka kerjakan maka sebanyak pesanan yang ada pada saat itu maka akan mampu terselesaikan dengan baik dan dengan kualitas yang baik pula. bagaimana jika tidak ahli ?? pekerjaan itu mungkin akan selesai tapi lihat dari segi kualitasnya pasti akan sangat kurang. Jika pesanan banyak pasti ada sedikit tekanan dalam diri SDM, SDM yang tak ahli maka akan terbawa dengan tekanan itu dan berdampak pada kinerja dari SDM tersebut

Metode Recruitmen

Usaha saya basicnya adalah fotokopian dan keempat usaha lain menjadi pelengkap usaha saya. Jadi saya lebih menekan SDM untuk usaha Fotokopian saya. metode recruitment yang akan saya berikan pada calon SDM usaha saya adalah saya akan memberikan tes tertulis dan tes psikologis, karena saya membutuhkan SDM yang teliti dalam menghitung serta kepribadian yang sangat baik seperti saya jelaskan sebelumnya tadi.

Jika mereka sudah lolos tes tersebut maka saya akan memberikan tes keterampilan dan kerapian yaitu dengan cara saya berikan selembar kertas dan sebuah gunting lalu saya akan memberikan intruksi kepada mereka sebagai berikut :

buatlah kertas itu menjadi sesuatu yang ada di pikiran anda

jangan di sobek tetapi WAJIB menggunakan gunting

Dari hasil tes ini saya bisa menilai seberapa terampil mereka dan yang paling penting adalah saya bisa menilai seberapa rapi mereka dalam menggunting kertas, karena kerapian dalam usaha fotokopian itu penting bagi saya.

Setelah lolos tes yang kedua mereka memang langsung diterima menjadi SDM usaha saya tetapi saya tetap melakukan tes tanpa sepengetahuan mereka yaitu tes Akidah mereka. Seberapa baik akidah mereka, apakah mereka seorang SDM yang jujur atau tidak., karena saya juga harus kuliah jadi saya tidak bisa memantau mereka terus-terusan maka akidah menjadi penting bagi SDM saya. Itu menjadi penilaian terakhir untuk SDM usaha saya.

Mungkin agak rumit tetapi saya menginginkan SDM yang terbaik bagi usaha saya, jika saya sudah merasa nyaman dengan SDM yang saya miliki maka saya akan berani mempercayai sepenuhnya usaha kepada mereka.

2.Masih dari usaha yang akan anda dirikan, susunlah perencanaan bentuk organisasinya. Gambarkan juga struktur organisasi dari usaha yang akan anda dirikan !

Perencanaan Bentuk Organsisasi

 

Usaha saya terdiri dari 5 usaha menjadi satu yaitu fotokopian, pulsa, bahan-bahan pokok, laundry dan pemesanan produk sophie martin, maka membutuhkan bagian-bagian penjualan yang berbeda pada setiap usaha. Maka saya akan membentuk struktur organisasi divisional atas dasar proses. Struktur organisasi divisional atas dasar proses yaitu pengelompokan kegiatn-kegiatan berdasarkan proses penjualan. Karena pada setiap usaha penjualannya berbeda-beda.

Pengorganisasian ini dibantu oleh para keluarga saya. Mereka yang mengawasi proses penjualan masing-masing usaha. Satu orang satu usaha dan saya saya mempercayakan penuh kepada mereka. Kenapa saya memilih keluarga pada penstruktuan organisasi usaha saya ini karena saya sangat tahu spesialisasi mereka dan juga dapat memberi kemudahan dalam pengkoordinasian. Bukan berarti saya tidak percaya dengan SDM yang saya miliki, saya juga memberikan mereka satu tempat untuk mengawasi di bidang usaha fotokopian saja, dan yang empat lainnya saya limpahkan kepada anggota keluarga saya.

UNTUK GAMBAR – DI KLIK LINK BERIKUT :

Struktur Organisasi Divisional atas Dasar Proses

Tinggalkan Balasan

