ENTERPRENEUR NUMERO UNO ITALIA “GIORGIO ARMANI”

Posted: Januari 3, 2011 in tulisan Heri yang lainnya,,click this

Salah satu seorang pengusaha yang saya banggakan adalah desainer terkenal asal Italia yaitu Giorgio Armani. Giorgio Armani Fashion Designer lahir pada 11 Juli 1934, di Piacenza, Armani mulai free-tombak bisnis desain pada tahun 1970 dengan dorongan dari para sahabat Sergio Galeotti, dan mendirikan pakaian pria sendiri label pada tahun 1974.

Yang membuat saya tertarik kepada pengusaha berdarah italia ini adalah pola produksi dan distribusi yang ia lakukan serta kinerjanya yang menurut saya sangat luar biasa. Armani juga pandai melakukan diferensiasi produk, dia memiliki banyak ide yang kreatif untuk memenuhi segmen pasar, diantaranya Armani yang bisa mendesain untuk wanita terinspirasi oleh pakaian pria, juga menggunakan kain pakaian pria, tidak terstruktur jaket dan setelan untuk wanita. Dengan pendekatan ini, Armani telah menetapkan standar baru elegan, mudah-fit pakaian untuk wanita, justru dipotong dan indah disesuaikan.

Kinerja Giorgio Armani setiap tahun malah semakin meningkat, yaitu Penjualan Armani Group pada tahun 1994 berjumlah 1270 billion Lira ($ 787 juta), naik 12,4% dari 1993. Pakaian menyumbang sekitar 850 billion Lira ($ 527 juta), dan aksesori untuk sekitar 420 miliar Lira ($ 260 juta). Pada tahun 1996, kelompok penjualan, termasuk penjualan dari produk berlisensi naik menjadi sekitar 2000 billion Lira ($ 1,3 miliar). Armani-Group juga meliputi perusahaan pakaian olahraga Simint, yang menangani semua Armani’s informal baris. Armani sendiri memegang 53% dari aset Simint. Simint dinilai perfoming terbaik saham di bursa Milan, dengan peningkatan tahunan dari 219% terhadap harga saham. Sementara Simint menghasilkan garis Armani Jeans, Armani Junior label dan pria Armani Emporio kenakan, pakaian wanita Emporio diproduksi oleh Antinea (penjualan pada tahun 1996: 150 milyar Lira).

Produksi Armani utama diproduksi oleh produsen terbesar Italia desainer pakaian, Gruppo GFT. Pada akhir 1996, Armani mengumumkan bahwa mulai sekarang pakaian di bawah label Armani Jeans-akan memperhatikan standar lingkungan yang ketat, memperkenalkan berbagai item pakaian yang akan terbuat dari Hamp. Antara Armani aksesoris, mata-koleksi pakai terus-menerus muncul untuk menikmati keberhasilan. Kacamata Armani diproduksi sejak tahun 1988 oleh desainer Italia spesialis mata-pakai eksklusif Luxottica dan mata yang dijual di toko-toko khusus pakai dan butik Armani.

Pola distribusi yang dilakukan Armani adalah Armani ingin untuk memperluas jumlah toko-nya secara signifikan. Paling jelas, ia membuka dua kapal besar toko di New York City pada Madision Avenue, Di sini, Armani ingin menawarkan interpretasi modern dari desain klasik. Selain itu, Armani menjual berbagai macam aksesoris rumah di bawah label Emporio Armani. Pada tahun 1997, Armani Jeans pertama toko di Roma, Italia juga termasuk sebuah toko buku Armani, menjual publikasi tentang berbagai mata pelajaran seni, seperti fashion dan fotografi. Perusahaan lisensi nama untuk parfum, jam tangan, dan aksesori, tapi pakaian masih menyumbang lebih dari setengah pendapatan. Armani’s eceran kerajaan meliputi lebih dari 35 negara dan mencakup hampir 280 toko. Armani memiliki Simint, Italia Armani pemegang lisensi jins, dan memindahkan produksi lini lain di rumah. Armani memiliki rencana untuk mengembangkan serangkaian hotel mewah dan resort. Meskipun gigih pengapungan rayuan, perancang mempertahankan kepemilikan perusahaannya.

Tetapi ada satu sifat Armani yang tidak saya suka yaitu, ia dikenal sebagai seorang workaholic, yang kadang-kadang dapat bersikap kasar dan sombong. Ketidaksukaannya sesama desainer Italia Valentino Gianni Versace dan baru-baru ini telah ditekan untuk kepentingan pers internasional. Pada bulan Mei, 1996, Armani dinyatakan bersalah korupsi di Italia, di antara sesama desainer seperti Ferre.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s