Wah Nokia Pelan-pelan Bangkrut (?)

Posted: November 28, 2012 in tulisan Heri yang lainnya,,click this

Sejumlah penutupan pabrik Nokia terus terjadi. Belum lama ini dua pabriknya di China ditutup. Minggu ini juga beredar berita, salah satu pabrik Nokia di negeri asalnya yaitu Finlandia, juga tutup dan merumahkan ribuan karyawannya.

Persaingan yang sangat kejam di dunia HP menjadikan satu demi satu produsen telepon genggam berjatuhan. Siemens misalnya,  yang terkenal menjaga mutu frame productnya  tak mampu bernapas di tengah serbuan inovasi dan kemurahan HP baru.

Seperti diberitakan  Nokia telah sampai pada keputusan final untuk mengakhiri pabrik di Salo,  Finlandia. Produksi di Salo telah berhenti dan selama sisa tahun ini, 780 orang akan dirumahkan.  Nokia juga sempat memiliki rencana memangkas 3.700 pekerjaan dan menghentikan  10.000 pekerjaan secara global hingga akhir tahun 2013.

Persaingan dengan pemain seperti Apple, Samsung dan Google tak pelak menjadi alasan lesunya bisnis yang dijalankan Nokia. Nokia juga menutup dua kantor di China dan merumahkan karyawannya. Aksi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menata ulang operasionalnya di pasar smartphone terbesar dunia tersebut. Langkah tersebut dilakukan terkait market sharenya yang terus turun di sana, begitupun di negara-negara lain.

Mungkin ini juga akibat menurunnya jumlah produksi akibat persaingan permintaan pasar dari produsen lain. Di bulan Mei pengapalan handset Nokia turun sebesar 24% di kuartal pertama, sehingga hal ini membuat Samsung mengambil alih predikat sebagai produsen mobile-phone terbesar di dunia.

Tinggalkan komentar